Material Botol :
Specular
Untuk specular shader nya pilih "WardIso", karena shader ini memungkinkan specular yang tajam dengan intensitas yang tinggi, sesuai dengan karakter menkilap dari plastik botol.
Ketajamannya diatur dengan merubah nilai pada "Slope". Semakin kecil "Slope", maka akan semakin tajam.
Setting-an yang saya gunakan tampak seperti gambar diatas.
Transparency
Mirror
- Centang pada kotak "Transparency" kemudian pilih "Raytrace".
- Buat "Alpha" menjadi 0, sehingga transparan sempurna.
- Karena material ini hanya untuk kulit botol, maka biarkan IOR nya 0.
- Filter juga pada nilai 0. (IOR dan filter akan dijelaskan pada material air).
- Pastikan nilai "Depth" adalah 3 atau 4.
- Untuk "Depth" penjelasannya kurang lebih seperti ini : Seandainya kita memiliki 3 lembar plastik transparan, lalu menumpuk ketiganya, maka akan tetap terlihat transparan. Pada Blender, maka diperlukan "Depth" = 3 untuk "3 lembar". Jika kita hanya set "Depth" di 2, maka saat di render yang akan tampil adalah warna hitam, bukan transparan.
- Centang juga pada mirror, karena botol plastik ini akan memantulkan bayangan, namun hanya sedikit.
- Berikan nilai pada "Reflectivity" sekitar 0.35
Material Air :
Saya memberikan warna pada airnya dengan warna biru mudaa sekali, karena kalau putih, jadi kurang terlihat saat render. Maka warna pada "Diffuse" terlihat sedikit kebiruan.
Specular
Transparency
- Sebenarnya setting specular dapat disamakan dengan material botol, namun saya bereksperimen dengan settingan seperti pada gambar.
Kita melihat ilusi pensil yang patah di batasan antara air dan udara, karena IOR air berbeda dengan udara.
- Perbedaan settingan "Transparency" dibanding material botol ada pada IOR dan Filter nya.
- IOR nilainya : 1.333 IOR sederhananya adalah pembelokan cahaya pada material tertentu. Contohnya seperti ini :
Pada material air ini tidak perlu efek "Mirror"
- IOR air adalah 1.333
- Filter nilainya sekitar : 0.44 Jika nilai "Filter" = 0, maka warna apapun yang di set pada "Diffuse" tidak akan muncul pada material transparan. Untuk memunculkannya, maka nilai "Filter" harus > 0.
Cara membuat mesh air :
Potongan tersebut bolong pada atasnya, kita mesti menutupnya. Pilih potongannya, masuk ke "Edit mode"
- Pilih botol
- Masuk ke "Edit Mode"
- Select vertices setinggi air yang akan "diisi" ke dalam botol tersebut (warna oranye)
- Tekan "Shift + d" untuk menduplikat bagian yang dipilih, lalu klik kanan agar bagian tersebut tetap pada tempatnya lalu tekan "P" untuk memunculkan menu "separate" lalu pilih "Selection".
- Keluar dari "Edit Mode", pilih botol lalu tekan "h" untuk menyembunyikannya, maka akan tampak potongan botol bagian bawah.
Lihat apakah hasilnya seperti ini :
- Pilih vertices paling atas.
- Tekan "e" > klik kanan > "Alt + M" > pilih "At Center".
- Jika iya, maka keluar dari edit mode, dan tekan "alt + h" untuk memunculkan botol yang tersembunyi.
- Pilih mesh air yang barusan kita buat, lalu rezise sedikit agar sedikit lebih kecil dari botolnya (ingat hanya sedikit saja). Yang penting kedua sisi mesh tersebut tidak saling melekat.
- Setelah itu, masukan material air yang ada diatas ke dalam mesh air ini...
- Lalu... harusnya sih udah jadi... :p
Note :
Material ini memang masih sangat sederhana, jauh dari sempurna. Jika ingin yang jauh lebih realistis bisa menggunakan Lux Render, bagi yang tertarik dan komputernya kuat, silahkan otak atik Lux Render...
5 comments:
Wah, realistik banget air n botolnya Gan... Makasih tutornya...
ijin coba sob
keren..
makasih gan...
wah...cara penyampaian tutorial yg mudah dimengerti...
Mantap, gan
Post a Comment