Friday, June 4, 2010

Kompilasi Modelling Jaman Djadoel

Share


Kompilasi beberapa hasil 3D modelling jaman jadul yang masih tersimpan. Disebut Dark Age karena ini dibuat sebelum "pencerahan" (belon ketemu tutorial modelling yang benar2 mencerahkan). Nanti bakal dibuat part 2 nya yaitu kompilasi modelling setelah terjadi pencerahan.. hehe (WARNING: BERISI BANYAK GAMBAR! ) -- Klik setiap gambar untuk memperbesar --

Screen Shot dan hasil render diambil dengan menggunakan Blender Versi 2.49b, karena Blender versi lama nya udah ilang entah kemana (kecuali yang diberi tanda *) 

1. Serem

Tanggal : 4 September 2005

Blender : Versi 2.37

Modelling kota masa depan yang udah ancur karena polusi dan kerusakan lingkungan yang berlebihan. Saat itu lagi belajar pake fog di blender..

Tampilan di Blender nya:



Hasil Render:



2. Blue Flower

Tanggal : 10 November 2005

Blender : Versi 2.37

Itu IcoSphere yang satu vertices-nya ditarik ke dalem, trus dikasih lampu dan kameranya super close up ke vertices nya. Di render pake RayTracing, jadi dah.

Sebenernya cuma iseng2 ato coba2 doang, eh taunya jadi efek bunga, sepertinya bagus juga .. jadi di save.

Tampilan di Blender nya:



Hasil Render* :



Sebenernya masih ada satu versi lagi, tapi source .blend nya udah ilang .. T.T. Dibuat dan di render pada jaman yang sama .. dan nge rendernya beraaat karena saat itu komputer hanya athlon 750 Mhz dan RAM 256 Mb .. Hiks ..

Versi Laennya* :



3. Lieur Ball

Tanggal : 21 Desember 2007 (tanggal render)

Blender : Versi 2.37 (mungkin)

File .blend nya udah ilang, jadinya hanya ada hasil rendernya saja. Ceritanya ini multi-layer ball yang semi transparan dan dikasih tekstur dari screenshot line program java hasil tugas kuliah... hasilnya adalah Bola Bingung (Lieur Ball) Sempet dipake buat foto user di Windows



4. Nuked City


Tanggal : 30 Desember 2005

Blender : Versi 2.37

Terinspirasi dari yang nomor 1, tapi kali ini coba2 pake spot light, buffer shadow ama halo yang intensitasnya dibikin berlebihan. Hasilnya...Duarr.. jadi efek seperti kena bom nuklir ... wkwkwk

Tampilan di Blender nya:



Hasil Render :




5. Laut meureun

Tanggal : 18 Februari 2006

Blender :  2.40

Penasaran mencoba bikin panorama (efek jauuhhh dipandang mata) soalnya dari dulu masih belon bisa2. "Meureun" itu bahasa Sunda yang artinya kurang lebih "sepertinya" ato "barangkali". Isinya cuma plane ama 1 biji lampu doang ..

Hasil Render :




6. Hmmm..

Tanggal : 17 Mei 2006

Blender : 2.40

Saya sendiri tidak tahu ini bentuk apa, abstrak. Mengenai tanggalnya, saya agak ragu, soalnya ada satu model abstrak sejenis (beda bentuk, sama konsep) yang dibuat tanggal 27 Agustus 2008  dan pakai blender 2.37 (yang tertua jika ditaro disini). Namun tidak saya sertakan disini karena saat dicoba di render, lamaaaaaaa nya minta ampun. Saya sendiri tidak tahu kenapa bisa begitu, mungkin karena ada "salah presepsi" dari algoritma RayTracing antara Blender 2.37 dengan 2.49b. Screen Shot nya nanti akan disertakan di akhir ..

Cara bikinnya pake curve dan BevOb nya curve juga.

Tampilan di Blender nya:



Hasil Render* :



7. Bola Panorama

Tanggal : 16 Januari 2008

Blender : 2.42

Weks.. udah taon 2008 ?? Tahun 2007 kemana aja ya ?? Lupa euy.. kok gak ada arsip model nya ya ? Ato setahun itu puasa Blender dulu ya ? Lupa euyy....

Nah ini coba bikin panorama lagi, tapi sekarang udah pake efek fog, jadi kesan jauh nya lebih terasa (kalau menurut saya)

Tampilan di Blender nya:



Hasil Render* : (di render jaman jadul, tapi di resize nya  jaman modern.. :p)




8. Quake3 3D Logo

Tanggal : 29 Februari 2008

Blender : Versi 2.42

Bikin logo Quake3. Sepertinya saat itu lagi hoby maen Quake3 ...

Tampilan di Blender nya:



Hasil Render* : (di render jaman jadul, tapi di resize nya  jaman
modern.. :p)




9. Water Elemental

Tanggal : 12 Maret 2008

Blender : Versi 2.42

Awalnya lagi rada stress, bingung mau ngapain yah di blender ? Akhirnya bikin UVSphere, trus di rotate salah satu vertices nya (pake proportional edit). Puter2 dan jadilah .. pake Z-Transparent + RayTrace (nge render nya berat euy)

Tampilan di Blender nya:



Hasil Render* :




10. Korsi (Sofa)

Tanggal : 17 Maret 2008

Blender : Versi 2.42

Modelling korsi ato lebih tepatnya sofa untuk 1 orang ..

Tampilan di Blender nya:



Hasil Render :




11. Gelas Emas

Tanggal : 28 Maret 2008

Blender : Versi 2.42

Tadinya sih mau bikin gelas beneran, tapi karena model gelasnya gak proporsional (aneh), makanya nama file nya bukan gelas. Nama file blend nya amat sangat aneh sekali : "bwahaha.blend" . Nama file hasil render aslinya "apaini.png". Tapi kemudian di rename supaya lebih readable.. hehe

Tampilan di Blender nya:



Hasil Render :




12. Ambient Occlusion Test Scene

Tanggal : 29 Maret 2008

Blender : Versi 2.42

Scene yang dibikin cuma buat belajar pake Ambient Occlusion. Jangan tanya itu bentuk apa, karena abstrak. Model itu cuma buat belajar tweak Ambient Occlusion. Ada dua Scene, karena yang coklat dianggap kurang ribet, maka dibikin yang lebih ribet lagi, yaitu yang ungu ..

Tampilan di Blender nya:

 

Hasil Rendernya :

Versi Mulusnya (Berat)





Tampilan di Blender nya:



Hasil Rendernya :




13. Command Center Project ! -gagal-

Tanggal : 30 Maret 2008

Blender : Versi 2.42

Setelah tau yang namanya Ambient Occlusion, mulailah membuat sesuatu yang "enaknya" dipakein Ambient Occlusion. Model ini terinspirasi dari Terran Command Center di game Starcraft, tapi akhirnya model ini dinyatakan gagal oleh saya sendiri dan tidak dilanjutkan lagi. Gagal karena hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan dan tidak ada ide lagi untuk memperbagusnya .. Weks .. (salah konsep)

Tampilan di Blender nya:



Hasil Render nya :




14. Shock Core

Tanggal : 3 April 2008

Blender : Versi 2.42

Terinspirasi dari game juga, tapi ini game Unreal Tournament 3, Disana kan ada ammo namanya Shock Core, nah terus mau dibikin dah, tapi ternyata gagal juga (jelek). Sepertinya masih terpengaruh demam Ambient Occlusion.

Tampilan di Blender nya:



Hasil Render nya :




Ya.... Cukup sampai disini part 1 atau part Dark Age. Part berikutnya (Enlightened Age) akan menyusul.. Dan disitu juga akan sedikit diceritakan pencerahan tipe apa yang saya dapat sehingga modellingnya mengalami lompatan quantum (weks) ...

1 comment:

Iqbal Salwa said...

kang simkuring newbie pisan kanu blender, tapi berminat belajar, ada tutorial paling dasar pisan teu kang? nyuhunkeun bantosanna we hehe

Post a Comment