Tuesday, June 8, 2010

[MegaProject] Modelling + Animasi Karakter


Setelah sekian lama tidak pernah menyentuh modelling karakter ataupun manusia dan makhluk organik lainnya, akhirnya saya memutuskan untuk memulainya sekarang !! Konsep karakternya diambil dari gambarnya David Revoy, link nya disini : www.davidrevoy.com . Tekadnya sih bakal diselesaikan tuntas ampe rigging nya. Bajunya juga dibikin cloth. Ok.. kita lihat, berapa lama ini akan selesai ..

Selama ini saya sangat senang modelling benda2 mekanik, dan cara modelling saya tidak pake cara "nempelin" ke art 2D. Dari dulu, entah kenapa saya kurang ahli kalo modelling dengan cara tempel2 seperti ini. Dari sekian sedikit model - model 3D yang saya posting sampai saat ini, cuma ada 1 yang pake metode "tempel2", yaitu yang Audi RSQ. Itupun hasilnya gak memuaskan, dan kelanjutannya, yang BMW M5 tidak selesai sampai sekarang ..
Saya sendiri gak tau kenapa keahlian saya dalam metode tempel menempel itu buruk. Sepertinya itu adalah kelemahan saya. Tapi, saya tidak terima hal itu !! Ya...pokoknya asal ada niat, maka nanti pasti bisa juga (your skill depends on your will). Justru bagian yang lemah harus dikasih perhatian khusus.

Hasil 8 Juni 2010 (Perdana)
Hasil yang masih ancur berikut adalah hasil yang diperoleh hari ini (dikerjainnya aja baru hari ini... ) Terutama bentuk bibirnya yang masih ancuur lebur...(sempet ngakak liat bentuk bibirnya.. lumayanlah, hiburan).


Hasil 9 Juni 2010 (Update blog tanggal 10 Juni)
Menambah detail di bagian idung, dah dikasi lobang idung, tapi masih agak aneh bentuk lobangnya. Mencoba memperbaiki bibir, lumayanlah, gak ancur2 amat kaya kemarennya. Jidat belon dibikin, masih kasar. Di layer dua dicoba modelling ulang dari awal lagi dengan metode yang beda, tapi masih belon jadi apa2.


Ini hasil yang di layer 2. Baru jadi beginian doang :


Hasil 16 Juni 2010 (Update 29 Agustus 2010 -_-" )
Muka yang di Layer 2 (seperti diatas) udah jadi, tapi sepertinya gak cocok, jadi gak dipake. Begini penampakkannya :
Muka ini gak dipake, soalnya lebih bagus yang di layer 1 (menurut saya lho).

Di layer 1 udah ada sedikit "penyempurnaan", penampakkannya :


Muka nya saya sudahi dulu. Kalau di "sempurnakan" terus, gak bakal jadi2.
Dan sudah sampai bikin body nya :
Bagian yang mau disempurnakan :
- Kaki atas.
- Dada.
Kalau kaki bawah...nanti juga ketutup ama sepatu, jadi bentuknya nanti diperkecil lagi.
Antara kepala ama body juga masih belon proporsional, nanti bakal disesuaikan dengan golden ratio.
Untuk tekstur... sepertinya masih jauh .. hiks..

1 comment:

Sandi said...

wew.... punya tuts'y om??

Post a Comment